BUNYI BEEP DI KOMPUTER

Posted by Indoetnix - Artech Salatiga on Tuesday, October 2, 2012


Mungkin selama ini Anda tidak terlalu memperhatikan bunyi-bunyian pada komputer selain musik MP3 yang memang mengalun merdu. Selain suara tersebut, mungkin suara komputer yang selalu Anda dengar adalah bunyi suara digital yang terdengar satu kali disaat Anda mulai menyalakan komputer. Sebenarnya ada bunyi-bunyian lain yang dipunya komputer Anda selain bunyi-bunyian tadi. Orang-orang yang sudah malang melintang di dunia komputer biasa menyebutnya BEEP CODE.
Ada dua standar yang biasa dipakai pada sebagian besar PC yaitu beep code buatan phoenix dan American Megatrends Inc. Nah, sekarang segera cari tahu, standar yang mana yang dipakai PC anda! Untuk mengetahuinya cukup melihat buku manual motherboard yang anda beli atau restart PC anda dan masuklah pada sistem BIOS. Disitu bisa Anda temukan sistem BIOS yang anda pakai.
  1. Tanpa ada bunyi sama sekali, Jika tidak terdengar bunyi sama sekali pada BIOS, berarti ada 3 kemungkinan masalah yang sedang dihadapi PC Anda. Pertama-tama coba periksa power suplay komputer anda, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Kalau memang tidak ada tegangan sama sekali yang masuk, berarti masalah memang ada pada komponen tersebut. Kemungkinan kedua adalah motherboard yang “rewel”. Periksa apakah motherboard yang anda pakai masih berfungsi bagus. Kemungkinan ketiga adalah speaker internal Anda yang tidak baik atau speaker tersebut tidak terpasang pada jack yang sesuai.
  2. Beep 1 kali, Kata “Alhamdulillah” bisa anda ucapkan sebagai rasa syukur. Ya bunyi sekali menandakan semua komponen sistem PC yang bersangkutan bekerja dengan baik. Tapi bunyi beep satu kali ini terdengar tetapi tak ada gambar apapun yang terlihat, periksa apakah kabel interface dari monitor sudah terhubung pada port video yang sesuai. Jika anda memakai kartu grafis, tentulah kabel monitor harus tersambung pada kartu grafis tersebut dan bkan pada video on board pada motherboard. Tapi, kalau semua itu sudah oke semua namun gambar tetap saja tidak terlihat pada layar monitor. Kalau keadaan ini terjadi, bisa dipastikan motherboard anda mengalami masalah dengan chip yang berhubungan dengan urusan grafis. Langkah pertma yang dilakukan mereset SIMM dan kemudian lakukan booting ulang. Jika kondisinya tetap sama, ganti kartu grafis anda.
  3. Beep 2 kali, Berarti ada yang kurang beres pada memori PC anda. Periksa fasilitas video atau grafis yang ada. Jika fasilitas video bekerja dengan baik, pada monitor akan tampil pesan eror. Apabila fasilitas ini memang tidak bekerja berarti ada masalah dengan parity pada bagian 64kb yang pertama. Yang harus dilakukan adalah memeriksa SIMM yang ada. Pasang kembali komponen ini secara benar kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi 2 kali ini tetap terdengar berarti kerusakan ada pada chip memory nya. Cara lain bisa anda lakukan yaitu dengan menukar kedudukan chip memory yang pertama dengan yang kedua. Ada baiknya anda periksa dahulu manual, mana tempat kedudukan memory yang pertama pada motherboard yang ada pakai. Apabila memory yang dipakai ternyata masih kondisi prima, berarti kerusakan ada pada motherboard.
  4. Beep 3 kali, Lakukan pemeriksaan seperti langkah nomor 3, biasanya menandakan kerusakan ada kesalahan yang hampir sama dengan bunyi beep 2 kali.
  5. Beep 4 kali, Kesalahan yang terjadi menyebabkan BIOS “menyanyi” sebanyak ini hampir sama dengan bunyi beep 2 atau 3 kali. Bisa juga karena timer pada PC kurang berfungsi dengan baik. Langkah-langkah no 3 bisa dilakukan.
  6. Beep 5 kali, Menandakan motherboard anda sedang “protes” karena sesuatu hal yang berhubungan dengan memory. Periksa kedudukan memory apakah sudah benar. Setelah itu booting ulang. Apabila masalah tetap ada, maka tandanya motherboad harus diganti. Atau ganti processor anda.
  7. Beep 6 kali, Berarti masalah sedang terjadi pada chipset pada motherboard yang mengendalikan keyboard PC anda. Atur kembali kedudukan chipset tersebut, jika ternyata chipset ini tidak disolder. Jika masih terdengar, maka ganti saja chipset ini jika mungkin. Atau ganti motherboard anda.
  8. Beep 7 kali, Ada 2 kemungkinan, yaitu prosesor anda salah satu kakinya patah, atau tidak bekerja secara normal. Kemungkinan kedua, motherboard anda tidak beres. Coba pasang motherboard anda pada PC yang lain, jika ternyata prosesor berjalan normal, berarti kerusakan pada motherboardnya.
  9. Beep 8 kali, Dipastikan ada masalah yang terjadi di kartu grafis yang anda pakai. Pastikan kartu grafis telah terpasang dengan benar pada portnya. Atau ganti jika masalah tetap ada.
  10. Beep 9 kali, Berrati BIOS anda rusak, ganti BIOS tersebut atau upgrade BIOS anda. Kalau masih rusak ganti motherboardnya.
  11. Beep 10 kali, Masalah terletak pada bagian CMOS. Semua chip yang terhubung dengan CMOS sebaiknya diganti akibat CMOS yang bermasalah tersebut. Sebaiknya ganti motherboard anda dengan yang baru.
  12. Beep 11 kali, Berarti masalah terletak pada cache memori pada PC anda secara otomatis mendisablenya. Aktifkan kembali dengan menekan tombol ctrl-alt-shift-+. Atau ganti memori anda.
  13. Suara beep terus menerus, Kemungkinan memory anda rusak. Coba pasang dengan benar, atau ganti dengan memory yang baru. 
Semoga info diatas bisa bermanfaat buat saudara-saudara sekalian dan kalian semua bisa lebih paham dengan tanda-tanda yang diberikan oleh komputer kalian .

http://mycomputer-torikin.blogspot.com
Posted by: Agus Rahmanto
Indoetnix - Artech Salatiga, Updated at: 10:52 AM

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

LikeR

Sponsored By

Advertizer